Kegiatan Fasilitasi Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Tangerang

Penyampaian oleh Kepala Seksi Intelijen Kejari Kabupaten Tangerang
peserta rapat

Pada hari Rabu tanggal 4 Maret 2020 pukul 09.30 WIB s.d 12.00 WIB bertempat di Gedung Serba Guna Otto Iskandardinata Kantor Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang telah dilaksanakan rapat sosialisasi kegiatan fasilitasi Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Tim PAKEM) Kabupaten Tangerang.

Peserta yang hadir yakni Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Ketua FKUB Kabupaten Tangerang, Sekretaris MUI Kabupaten Tangerang, Kasi Intelijen Kejari Kabupaten Tangerang, KBO Polresta Tangerang Selatan, KBO Polrestro Tangerang, Kapolsek Mauk, Danramil Mauk, Dan Unit Intel Kodim 0510 Tigaraksa, Kasi UPT pada Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Camat Mauk, dan Para Kepala Desa di wilayah Utara sebanyak 80 Kepala Desa. Dalam kesempatan ini bertindak sebagai Narasumber yakni :

  1. M. FITRI ADHY, S.H., M.H. selaku Kasi Intelijen Kejari Kabupaten Tangerang serta Wakil Ketua Tim Pakem
  2. NURALAM, MA selaku Sekretaris MUI Kabupaten Tangerang
  3. H. MASKI selaku Ketua FKUB Kabupaten Tangerang

Bahwa sambutan Kasi Kewaspadaan pada kantor Kesbangpol Kabupaten Tangerang yaitu maksud kegiatan ini adalah untuk mengetahui dan mengkoordinasikan aliran kepercayaan yang berkembang di masyarakat dengan tujuan agar para kades memahami jenis aliran kepercayaan masyarakat di Kabupaten Tangerang.

Bahwa sambutan Asisten I bidang pemerintahan Kabupaten Tangerang yaitu dalam acara sosialisasi ini diharapkan para kepala desa yang baru terpilih dapat memberikan gambaran atau pandangan tentang kondisi masyarakat di Kabupaten Tangerang ini yangg sangat heterogen. Bagaimana cara menyatukan tentang perbedaan pandangan dimasyarakat itu akan dibahas dalam sosialisasi ini. Saat ini isu yang paling trend adalah terkait Virus Corona dan diharapkan para kades dapat memberikan penjelasan kepada warganya.Pemerintah daerah telah membuat langkah langkah apa yang harus kita lakukan dan jangan sampai ada kepanikan di masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang

Bahwa paparan Kasi Intel Kejari Kabupaten Tangerang yaitu bahwa di Kabupaten Tangerang telah dibentuk Tim Bakorpakem yaitu tim yang mengawasi aliran kepercayaan di masyarakat. objek dari tugas Tim Pakem Kabupaten Tangerang yaitu berupa pemikiran, penafsiran serta pemahaman dari aliran yang menyimpang. Pola penanganan yang dilakukan yaitu dengan pola preventif (pencegahan), pola koordinatif apabila ada atau tidaknya laporan dari masyarakat dan pola rekomendasi. Pembentukan Tim Pakem berada di tingkat Pusat, Propinsi dan Kab/kota. MUI telah mengeluarkan fatwa tentang kriteria yang dapat dikategorikan sebagai ajaran atau aliran kepercayaan yang menyimpang.

Bahwa paparan Ketua FKUB Kabupaten Tangerang yaitu kami dari FKUB dalam anggota Tim Pakem Kabupaten tangerang ini adalah bagaimana tata cara hidup rukun. Memelihara kerukunan harus ditanami oleh kita semua. Pembangunan tidak akan berjalan kalau di suatu tempat tidak aman dan tertib. Bangsa Indonesia yang pluralistik dan multikulturalistik sangat berpotensi terjadinya konflik antar umat beragama. Oleh karena itu, untuk mewujudkan kerukunan hidup antar umat beragama harus tercipta satu konsep hidup bernegara yang mengikat semua anggota kelompok sosial yang berbeda agama untuk menghindari terjadinya konflik antar umat beragama.

Bahwa paparan Sekretaris MUI Kabupaten Tangerang yaitu menyampaikan peran ulama dan umara dalam meningkatkan aqidah masyarakat. Ulama dan Umara ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Andaikan dua komponen ini bersinergi maka rakyatnya akan maju dan makmur. Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang telah memberikan bantuan kepada MUI baik itu dari sisi materiil maupun dari sisi spiritual. MUI adalah wadah masyarakat dan ajang silaturahmi para ulama, cendekiawan muslim dalam upaya mengayomi umat dan mengembangkan kehidupan yang islami, demokratis, akomodatif dan aspiratif.

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kegiatan Fasilitasi Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Tangerang"